oh bapakku…

 

bapak-motor3

Bapakku. Betapa kesepiannya ia kini. Tak lagi ada anak-anaknya di rumah. Semuanya jauh. Aku di Jakarta, dan kedua adikku: Ilyas dan Afifah tinggal di Surabaya bekerja dua-duanya. Kecuali hanya makku (ibuku) saja yang menemaninya. Cuma, ada satu si kecil kini yang selalu menjadi temannya sekarang. Yaitu Habib, anak tetangga yang masih 3 tahun.

Kemana bapakku pergi, anak itu maunya ngintil (ngikut). Termasuk saat bapakku mau bekerja. Seperti anaknya sendiri, Habib selalu diajak bapakku kemana-mana. Di rumah, Habib, selain neneknya adalah bersama bapakkulah teman bermainnya.

Anak tetangga itu kalau siang ditinggal ibunya bekerja di pabrik kertas. Sementara bapaknya pergi ke sawah. Dan sesekali ngarit (mencari rumput untuk ternak). Akhirnya sama-sama kesepian, bapak dan ibuku yang kesepian pun, akhirnya menjadikan Habib seperti anaknya sendiri. Aku merasakan betapa dekatnya hubungan mereka sekarang ini. Terlihat manja. Habib bahkan lebih dekat dengan bapakku daripada ke bapaknya sendiri.

Dengan motor butut tahun 1974, Yamaha Super, Bapak suka mengajak Habib jalan-jalan. Kalau tidak lagi bekerja.  Habib, anak yang lucu memang. Waktu aku di rumah, dia selalu ingin aku gendong dan dekat denganku dan tak mau pulang ke rumahnya. Bahkan ketika aku pamit balik ke Jakarta, ia sempat menangis dan menolak bersalaman denganku. Enggak tega aku melihatnya…

Habib, sekarang sudah menjadi bagian dari keluargaku. Termasuk kalau makku ada kue, atau makanan maka Habib adalah anak yang dicari pertama kali. Habib sekaligus bagian dari kesepian bapak dan makku.

Terima kasih Habib, kaulah wakil kami anak-anaknya yang telah jauh ini….terima kasih Habib yang telah menjadi teman bapakku kini.

 

bapak-motor21

Iklan

~ oleh cintauna pada November 19, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: